Mahasiswa Teknik Industri UI berhasil mendapatkan 2 Gelar Juara dalam Asian Students’ Venture Forum 2018 di Korea Selatan

Asian Students’ Venture Forum (ASFV) 2018 merupakan kompetisi start-up business idea bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh pihak Korean Economic Daily berkerjasama dengan Korea Tobacco & Giuseng (KT&G) yang sudah bertahun-tahun selalu diadakan. Tahun ini kembali diadakan dengan penambahan jumlah peserta sehingga tahun ini lebih kompetitif dari tahun sebelumnya. Kompetisi ASFV dihadiri oleh berbagai macam peserta dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Vietnam, Jepang, Uzbekiztan, Korea Selatan, China, Filipina, Mongolia, Taiwan, dan Jepang. Tujuan dari kegiatan ini adalah dapat memunculkan ide-ide bisnis yang datang dari pemuda dari Asia yang bisa menjadi sumber inspirasi apabila nantinya di masa depan dapat diimplementasikan. Rangkaian kegiatan dalam ASFV juga menyangkut mengenai pertukaran budaya antar negara. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat mempererat persaudaraan masyarakat Asia.

Dua tim Indonesia berhasil menyabet dua gelar juara yaitu Gold Prize dan Bronze Prize pada perlombaan yang diadakan di Daejeon, Korea Selatan 29 Maret – 2 April 2018. Prestasi ini merupakan sebuah peningkatan dari tahun sebelumnya yang juga didelegasikan dari mahasiswa Teknik Industri Universitas Indonesia. Adapun delegasi Indonesia peraih Gold Prize dengan produk e-marketplce bagi komunitas seni ArtJuna:

Agustina Windaryanti (Teknik Industri UI ‘2014)
Ahmad Ariq N (Teknik Industri UI ‘2014)
Akhmad Adrian W (Teknik Industri UI ‘2014)
Khafri Ramadhan (Teknik Industri UI ‘2014)
Kukuh Lolana (Teknik Industri UI ‘2014)
Latu Adiweno (Teknik Industri UI ‘2014)
Sabrina Kusuma A (Teknik Industri UI ‘2014)

Dan juga delegasi Indonesia peraih Bronze Prize dengan produk permainan interaktif anti-bullying pada smartphone:

Arsila Chairunnisa (Teknik Industri UI ‘2014)
Ian Berlian Pratama (Teknik Industri UI ‘2014)
Juan Siva (Teknik Industri UI ‘2014)
Melissa Hidayat (Teknik Industri UI ‘2014)
Vika Fariza (Teknik Industri UI ‘2014)
Yasmin Ramdhani (Teknik Industri UI ‘2014)
Zahrina Hasyati (Teknik Industri UI ‘2014)

Hal ini menjadi sebuah bukti komitmen mahasiswa Teknik Industri UI dalam bersaing di kancah internasional dengan dua gelar yang didapatkan. Semoga hal ini dapat menjadi pemacu mahasiswa Teknik Industri UI agar dapat terus berprestasi baik dalam negeri maupun internasional.

Tak lupa ucapan terima kasih diberikan kepada sponsor yang telah membantu banyak dalam mensukseskan delegasi Indonesia dalam ASFV 2018 yaitu: PT. Wijaya Karya (Persero) tbk; PT. Petrokimia Gresik; PT. PP (Persero) Tbk; dan PT. United Tractors Tbk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top