Industrial from Home: Kompetisi Seni dan Olahraga Elektronik yang Diselenggarakan #DiRumahAja

Kreasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Teknik Industri 2020 (Siwa IMTI 2020) telah menyelenggarakan Industrial from home (Indihome) yang merupakan kompetisi seni dan olahraga secara daring pada 4 Mei hingga 6 Juni.

Covid-19 atau virus corona merebak ke seluruh penjuru dunia. Hingga saat ini, telah ada lebih dari 14 juta jiwa yang terkonfirmasi positif virus corona di seluruh dunia. Di Indonesia, sudah ada lebih dari 80 ribu kasus positif virus corona. Dilansir dalam laman halodoc.com, virus corona dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan ringan hingga sedang yang dapat ditularkan melalui percikan air liur. Penularan tersebut membuat negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, melakukan pembatasan interaksi secara langsung antarmanusia. Perusahaan bahkan sekolah menerapkan sistem bekerja dan belajar dari rumah untuk menghindari adanya penyebaran virus corona.

Latar belakang tersebut membuat Siwa IMTI 2020 bergerak untuk menyediakan wadah dalam bentuk perlombaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa Teknik Industri UI (TI UI) maupun masyarakat umum untuk menyalurkan minat dan bakat serta agar tetap produktif di rumah.

Cabang lomba yang diselenggarakan dibagi menjadi dua bagian, yakni cabang seni dan olahraga elektronik. Lomba yang dibuka pada cabang seni ialah poster, music cover, dan video Tiktok. Sedangkan pada cabang olahraga elektronik, lomba yang dibuka ialah Point Blank, PlayerUnknown’s Battlegrounds, dan Mobile Legend.

(Gambar 1. Hasil karya lomba poster & Gambar 2. Hasil karya lomba Music cover, selengkapnya dapat dilihat di instagram @siwati20)

Selain menyelenggarakan berbagai perlombaan, Siwa IMTI 2020 juga mengadakan acara nonton bersama secara daring bernama Netflix Party. Netflix Party dilaksanakan setiap hari Jumat saat periode Indihome berlangsung. Setiap minggunya, genre film yang dimainkan berbeda-beda sesuai dengan hasil voting dari warga TI UI.

Menurut Christie, sebagai salah satu badan pengurus Siwa IMTI, warga TI UI sangat suportif. Ada sekitar 30 tim yang mengikuti perlombaan cabang olahraga elektronik dan 40 tim pada perlombaan cabang seni. Christie juga menyampaikan apresiasinya untuk Siwa IMTI 2020 yang mampu menyediakan wadah untuk berkreasi bagi semua orang di tengah pandemi.

 

Pewarta: Fariz Muhammad Putra Fajar (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Dokumentasi: Kreasi Mahasiswa IMTI 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top