Kajian Kastrat: Ketidaksetaraan Gender dalam Ketenagakerjaan Lebih Dari Kesenjangan Gaji

Kajian dan Aksi Strategis Ikatan Mahasiswa Teknik Industri 2020 (Kastrat IMTI 2020) telah merilis kajian Obrolan Menarik Seputar Kastrat (Onar) pada Selasa (12/5/2020).

Kajian ini merupakan output dari Onar yang telah dilaksanakan pada Senin (17/2/2020). Tema yang diangkat oleh Kastrat IMTI 2020 ialah mengenai kesetaraan gender dalam dunia pekerjaan. Pengangkatan tema tersebut dikarenakan Kastrat IMTI 2020 merasa adanya urgensi untuk menyadarkan warga Teknik Industri terkait kesetaraan gender. Upaya tersebut dilakukan dengan menyediakan berita dan data penunjang.

Metode penulisan kajian tersebut menggunakan studi literatur dengan mempelajari kajian konvensi yang dikeluarkan International Labor Organization (ILO) dan literatur-literatur lainnya yang berkaitan dengan kesetaraan gender di dunia ketenagakerjaan. Selain menggunakan studi literatur, metode lainnya yang digunakan ialah dengan melakukan survei kepada warga Teknik Industri.

Ketidaksetaraan gender yang terjadi di dunia ketenagakerjaan Indonesia dapat dilihat dari ketimpangan gaji antara laki-laki dan perempuan. Ketimpangan gaji tersebut selanjutnya mengakibatkan perbedaan angka partisipasi angkatan kerja antara laki-laki dan perempuan menjadi lebar. Salah satu pemicunya ialah karena kurangnya pemberdayaan perempuan di dunia pekerjaan. Padahal, kesetaraan gender dalam dunia pekerjaan dapat menguntungkan sosial dan ekonomi Indonesia.

Pembahasan lebih lanjut mengenai kesetaraan gender di dunia pekerjaan dapat diakses di laman bit.ly/KajianKastratTw1

 

Pewarta: Fariz Muhammad Putra Fajar (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Dokumentasi: Kajian dan Aksi Strategis IMTI 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top