Seminar Pengembangan Wawasan Industri 2020 (SPWI 2020) Di Kala Pandemi

Seminar Pengembangan Wawasan Industri (SPWI) adalah rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Teknik Industri Universitas Indonesia (TI UI). Rangkaian acara tersebut ialah seminar, talkshow, competition, dan workshop.

Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Indonesia menyelenggarakan Seminar Pengembangan Wawasan Industri Universitas Indonesia (SPWI UI) 2020 dengan tema besar “Unseen Uncertainties of E-Commerce”. Tema tersebut dipilih karena perusahaan-perusahaan dihadapkan dengan masalah yang tidak pasti di masa ini. Adanya pandemi Covid-19 membuat tema tersebut semakin relevan dengan kondisi yang ada. “Dari awal, memang tema yang kita bawa adalah uncertainties dan saat corona masuk (menyebar) jadi lebih sesuai temanya karena pandemi merupakan salah satu uncertainties yang harus dihadapi oleh perusahaan. Jadi ga ada yang diubah atau ditambahin, hanya difokuskan ke arah cara menghadapi uncertainties tersebut, termasuk pandemi.” ujar Daniel Simatupang, Ketua Bidang Materi SPWI 2020.

Pada awalnya, SPWI UI 2020 direncanakan diselenggarakan dari Kamis (2/4/2020) hingga Sabtu (4/4/2020). Namun akibat adanya pandemi Covid-19, panitia SPWI UI menunda serta mengubah bentuk acara seminar dan talkshow menjadi webinar dan online talkshow. Selain itu, panitia SPWI UI terpaksa meniadakan competition dan workshop untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19. “Padahal workshop sayang banget, dari pembicaranya (Margetty Herwin) setuju paling pertama dan ada sertifikasi BNSP, tapi karena sertifikat itu ada prosedurnya dan tidak bisa diaplikasikan ke online, maka harus di-cut.” tambah Daniel.

Webinar dan online talkshow SPWI 2020 telah dilaksanakan pada Kamis (21/5/2020) dan Jumat (22/5/2020) melalui Zoom Meeting. Tema webinar SPWI 2020 adalah “Discovering Modern E-Commercedengan mengundang Budhi Sholeh Wibowo (Dosen Teknik Industri UGM Yogyakarta & Professional Supply Chain Analyst) dan Ridzki Kramadibrata (Presiden Grab Indonesia) sebagai pembicara serta dimoderatori oleh Prof. Dr, Ir. Riri Fitri Sari, M.M, M.Sc (Professor Teknik Komputer Fakultas Teknik UI). Di sisi lain, Online talkshow SPWI 2020 mengangkat tema “Survival Strategies in Disruptive Innovation Era” yang mengundang Galuh Iswardani (CTO PT Bank Mandiri), Iqbal Muslimin (Co-Founder & CEO Evermos), Riffa Sancati (Founder & CEO The Lens Story), dan Wimala Puspaningtyas (Senior Product Manager Bukalapak) sebagai pembicara serta dimoderatori oleh Palita Rana dan Faza Fakiha Taqwa.

Perubahan bentuk seminar dan talkshow merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh panitia SPWI 2020. Erwin Sihombang selaku Project Officer SPWI 2020 berkata,“Jadi persiapan yang dilakukan itu awalya rapat pleno bareng BPH dan PJ yang lain dulu untuk minta masukan mengenai platform apa yang kira-kira cocok untuk SPWI, dan didapat lah Zoom Meeting. Selain itu, kami juga menginformasikan ke pembicara bahwasanya SPWI ditunda dan kemudian menentukan tanggal pasti, yaitu 21 dan 22 Mei, baru kita bikin surat Undangan dan TOR yang baru untuk para pembicara.”. Selain itu, panitia juga harus bersiap untuk mencari pembicara baru lagi karena ada beberapa pembicara yang tidak bisa hadir karena perubahan tanggal acara.

Meskipun seminar dan talkshow dilaksanakan secara daring namun Erwin menyebutkan bahwa SPWI 2020 ini jauh melampaui ekspetasi, “Sangat jauh melampaui ekspetasi, hahaha. Jadi awal sebelum mau open regist webinar dan talkshow, kita itu rencananya mau partneran degan lembaga lain agar di exposure di ig (Instagram) mereka, tapi ternyata dari hari pertama open regist udah 70an, bertambah terus sampai akhirnya yang regist itu ada 1000an orang.”. Daniel Simatupang juga menambahkan, “Buat yang antusiasme itu terpenuhi banget, terlampaui malah. Pertanyaan bagus-bagus dan banyak, apalagi pas kuis, antusismenya kerasa lah”. Bedasarkan Quality Control (QC) yang diberikan kepada peserta, banyak feedback positif terhadap webinar dan online talkshow, beberapa feedback tersebut adalah materi yang dibawa bagus, pembicara bagus, bahkan juga ada yang menyebut jika SPWI tahun depan dijadikan online saja.

Webinar dan online talkshow yang diadakan SPWI 2020 dilaksanakan dengan baik dan lancar serta dihadiri peserta dari berbagai universitas dan institut yang ada di seluruh Indonesia maupun mancanegara. Jumlah peserta yang menghadiri webinar dan online talkshow SPWI 2020 sebanyak 1.048 dan 491 peserta. Dengan berakhirnya online talkshow, SPWI 2020 resmi selesai dengan bantuan seluruh panitia, pembicara, sponsor dan partner media, serta para peserta.

 

Pewarta:  Anastasya Elisyeva (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020), Fransiscus Fruitomi (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020).

Penyunting: Fariz Muhammad Putra Fajar (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Dokumentasi: Seminar Pengembangan Wawasan Industri 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top