Business Day 2020: Berjualan secara Dropship untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Baru

Kewirausahaan Ikatan Keluarga Mahasiswa Teknik Industri 2020 (Wirus IMTI 2020) mengadakan Business Day bagi mahasiswa baru Teknik Industri UI 2020.

Business Day merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kewirausahaan IMTI. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru TI UI tidak hanya mengetahui tentang ilmu bisnis yang telah diajarkan secara teoritis, tetapi juga dapat menerapkan ilmu bisnis tersebut di dunia nyata.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Business Day tahun ini diselenggarakan secara online. Business Day dimulai dengan diadakannya pelatihan oleh Wirus IMTI 2020 dan Kemahasiswaan IMTI kepada mahasiswa baru TI UI via Zoom. Pelatihan ini terbagi menjadi dua, yaitu pelatihan mengenai tools Business Model Canvas (BMC) yang telah dilaksanakan pada Senin (05/10/2020) dan tools Value Preposition Canvas (VPC) yang telah dilaksanakan pada Kamis (08/10/2020). Pada pelatihan ini, setiap kelompok mahasiswa baru TI UI diminta untuk membuat BMC dan VPC yang selanjutnya akan dilombakan antar kelompok.

Gambar 1. Pelatihan Value Proposition Canvas oleh Wirus IMTI 2020 dan Kemahasiswaan IMTI

Acara inti dari Business Day merupakan kegiatan berjualan produk wajib (gardening kit dan new normal kit) dan produk pilihan yang dilakukan mahasiswa baru TI UI. Acara inti akan dilaksanakan pada Rabu (11/11/2020) hingga Rabu (18/11/2020).  Konsep dari acara inti ini adalah “Dropship” yang merupakan sistem penjualan dengan memasarkan produk dari produsen, supplier, atau distributor tanpa membeli stok barang terlebih dahulu. Setiap kelompok mahasiswa baru TI UI diminta membuat sebuah Instagram yang akan digunakan menjadi akun online shop. Kemudian, setiap kelompok dapat menyiapkan konten mengenai produk yang akan dijual. Tidak hanya itu, setiap kelompok juga dapat menyiapkan teknik promosi yang dilakukan sehingga dapat menarik warganet untuk membeli. Nantinya akan diambil pemenang dengan tiga kategori, yaitu Best Marketing, Best Design, dan Best Business Day Team.

 

Pewarta: Anggita Eunike Simanjuntak (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Penyunting: Fariz Muhammad Putra Fajar (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Dokumentasi: Kemahasiswaan IMTI 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top