Liga Jurusan Teknik Industri: Kompetisi Keilmiahan, Seni, dan Olahraga antar Angkatan TI

Liga Jurusan Teknik Industri (Lijur TI) merupakan program kerja proyek di bawah bidang Kreasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia 2020 (IMTI FTUI 2020) untuk mewadahi minat mahasiswa TI dalam keilmiahan, seni, dan olahraga dalam bentuk kompetisi.

Lijur TI merupakan salah satu rangkaian acara yang selalu dinantikan oleh mahasiswa TI UI. Lijur TI merupakan kompetisi antar Angkatan TI UI di bidang keilmiahan, olahraga, dan seni. Lijur TI tahun ini mengangkat tema Lijur Time yang terinspirasi dari serial kartun Adventure Time. Setiap minggunya, penuansaan di Instagram Lijur Time (@lijurti2020) akan menyesuaikan dengan lokasi-lokasi yang ada di serial tersebut. Empat karakter utama Adventure Time juga merepresentasikan setiap Angkatan aktif TIUI, yaitu Princess Bubblegum untuk angkatan 2017, Finn untuk angkatan 2018, Jake untuk angkatan 2019, dan BMO untuk angkatan 2020.

Tahun ini Lijur TI mengadakan 22 cabang lomba dari cabang olahraga, seni, IPTEK, dan trivia. Para supporter dapat menunjukkan dukungannya di setiap perlombaan dengan memberikan komentar di livestream YouTube Lijur Time by TI UI maupun dengan menyaksikan perlombaan secara langsung melalui platform Zoom. Lijur TI dilaksanakan selama 3 minggu pada Oktober 2020 dengan penuh kemeriahan dan keseruan yang melibatkan 4 angkatan TI UI.

Gambar 1. Opening Ceremony Lijur TI

Sebagai penanda mulainya acara Lijur TI yang telah ditunggu-tunggu mahasiswa TI UI, telah diselenggarakan Opening Ceremony Lijur TI 2020 pada 3 Oktober 2020. Meskipun Opening Ceremony Lijur TI tahun ini dilaksanakan secara online namun acara tidak kalah ramai dibandingkan Opening Ceremony Lijur TI tahun-tahun sebelumnya. Acara yang diisi dengan adu pantun antar angkatan dan tebak gambar membuat acara menjadi lebih seru dan menghibur seluruh peserta yang hadir.

Gambar 2. Lijur Awards dan Closing Ceremony

Di penghujung rangkaian kegitan acara Lijur Time juga telah dilaksanakan Lijur Awards dan Closing Ceremony Lijur TI pada 25 Oktober 2020. Tujuan acara ini adalah untuk mengapresiasi para kontingen yang telah berpartisipasi dalam Lijur Time dengan kategori based on competition dan citizen’s choice. Kategori-kategori tersebut ialah best sport contingent, best art contingent, best science & technology contingent, best speaker, dan best dancer. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan penayangan penampilan dari setiap kontingen TI UI, seperti penampilan tari dan penampilan band. Acara diakhiri dengan mata acara yang ditunggu-tunggu oleh peserta, yakni pengumuman pemenang juara umum Lijur TI. Tahun ini, angkatan 2017 berhasil meraih gelar juara umum pada Lijur TI.

 

Pewarta: Aqila Zafira Windasari (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020), Nisrina Kusuma Iswara (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Penyunting: Fariz Muhammad Putra Fajar (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Dokumentasi: Liga Jurusan TI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top