Tanda Nyata Teknik Industri 2020: Menanamkan Gaya Hidup Sustainable Living kepada Mahasiswa TI UI

Tanda Nyata Teknik Industri (TNTI) merupakan program kerja proyek di bawah bidang Sosial Masyarakat Ikatan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia 2020 (IMTI FTUI 2020) untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa TI UI terhadap isu sosial dan lingkungan.

TNTI adalah rangkaian kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan rasa kepedulian Mahasiswa Teknik Industri terhadap masalah lingkungan dan sosial yang ada di sekitar, serta membantu masyarakat yang membutuhkan. Rangkaian kegiatan tersebut adalah Pre Event, Beneficial Caring Action (BCA), Charity of TNTI (ChariTI), dan Main event TNTI.

Tujuan TNTI adalah untuk menanamkan nilai kepedulian dan mengenalkan program kerja Kerja Sosial dari FTUI serta mengenalkan core competence TI kepada mahasiswa baru TI UI. TNTI yang dibawa pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Pada tahun ini, TNTI membawa tema Sustainable Living yang merupakan tren gaya hidup untuk meminimalisir dampak buruk terhadap bumi.

Rangkaian Pre Event TNTI dilaksanakan pada tanggal 25 September 2020 dengan bentuk online campaign yang dilakukan oleh mahasiswa baru TI UI. Dengan ini mahasiswa baru TI UI sudah membantu untuk mempromosikan sustainable living di laman Instagram pribadi mereka. Mahasiswa baru antusias dalam mempromosikan sustainable living, diantaranya adalah ajakan untuk hemat energi dan mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tempat makan/minum sendiri.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Beneficial Caring Action atau pembuatan PKM bagi tiap kelompok mahasiswa baru. Pada Acara BCA, mahasiswa baru dapat menyalurkan idenya dalam bentuk PKM sesuai dengan tema TNTI tahun ini, yakni sustainable living. Setiap kelompok dapat membuat proposal ide, infografis, dan video penjelasan ide yang mereka ajukan. Pemenang dari acara ini adalah kelompok 22 dengan topik yang diangkat adalah pemanfaatan limbah sebagai cairan pengganti nutrisi hidroponik.

Selanjutnya, diadakan ChariTI atau donasi TNTI. Donasi telah diselenggarakan dari akhir September hingga awal Oktober. Dana yang terkumpul disalurkan dalam bentuk sembako Rp 50.000 untuk 45 orang, new normal kit berisi masker dan hand sanitizer untuk 65 orang dan pembangunan wastafel portable ke Panti Asuhan Darul Ilmi Depok pada 11 Oktober 2020.

Gambar 1. Main Event TNTI dengan tema Living a Sustainable Life

Rangkaian puncak dari TNTI yaitu Main Event yang berbentuk talkshow dengan topik “Living a Sustainable Life”. Acara dilaksanakan pada 16 Oktober 2020 melalui platform zoom dengan pembicara kak Ikbal Alexander dari @kertabumirecyclingcenter. Menurut kak Ikbal, sustainable living merupakan tren gaya hidup yang bertujuan untuk meminimalisir dampak buruk terhadap bumi. Kak Ikbal menuturkan apabila sustainable living terus diabaikan, dampak yang terasa akan sangat banyak dan dalam jangka panjang, salah satunya adalah terjadinya perubahan iklim. Perubahan iklim mengakibatkan gagal panen dan krisis pangan, mendatangkan gelombang udara panas di daerah yang belum pernah terjadi sebelumnya serta kelangkaan air dan hilangnya biodiversitas alam.

Rangkaian acara TNTI ini ditutup dengan penuturan bahwa dengan menerapkan sustainable living kita tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup saat ini tanpa mengorbankan sumber daya yang ada untuk keberlangsungan hidup generasi mendatang.

 

Pewarta: Widuri Widya Hastanti (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Penyunting: Fariz Muhammad Putra Fajar (Teknik Industri 2019, Badan Pengurus Hubungan Masyarakat IMTI 2020)

Dokumentasi: Tanda Nyata Teknik Industri 2020 (TNTI 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top