Ukiran Tiada Henti Prestasi Mahasiswa TI UI di Akhir Tahun 2021

Meskipun hari demi hari kita semakin dekat kepada penghujung tahun 2021, tetapi hal tersebut tidak memberhentikan semangat dan langkah mahasiswa TI UI dalam terus membukukan prestasi yang membanggakan bagi Teknik Industri Universitas Indonesia. Mahasiswa TI UI terus berusaha untuk memberikan karya dan semangatnya untuk tetap mengharumkan nama Teknik Industri Universitas Indonesia. Semangat yang menggebu ini terlihat dari beberapa mahasiswa TI UI yang telah menoreh prestasi dengan menjadi pemenang dalam berbagai lomba keilmuan tingkat nasional dan internasional. Berikut merupakan prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa TI UI di penghujung tahun 2021:

1. Grand Champion, Best Case Study, Best Product, Best Advertisement Video of CHRONICS UGM 2021

Raziqin Fadhil (TI UI’18), Adithra Rafdi (TI UI’18), dan Shaliha Ginanjar (TI UI’18) yang tergabung dalam tim Slipwel berhasil meraih gelar Grand Champion, Best Case Study, Best Product, dan Best Advertisement Video dalam lomba Challenge on Product Design and Ergonomics (CHRONICS) yang diadakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). CHRONICS sendiri merupakan lomba desain produk internasional yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Gadjah Mada. CHRONICS terbuka bagi seluruh mahasiswa di Asia dan diadakan dari tanggal 28 April hingga 19 September 2021. Untuk tahun 2021, CHRONICS membawa tema “A Revolutionary Contrivance to Improve the Quality of Sleep” yang mendorong para peserta untuk membuat desain produk yang inovatif untuk meningkatkan kualitas tidur.

2. Best Paper Presenter The 6th International Engineering Student Conference (IESC) 2021

Aura Diandra Shabrina (TI UI’18), Catharina Petra (TI UI’18), dan Kinanthy Dwi Pangesty (TI UI’18) berhasil meraih Best Paper Presenter pada The 6th International Engineering Student Conference (IESC) 2021. IESC sendiri merupakan konferensi internasional yang diadakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia. IESC diadakan dari tanggal 6 Juli hingga 19 September 2021.

3. Juara 2 Festival of Agroindustry Institut Pertanian Bogor 2021

Tim TI UI yang terdiri dari Yovita Sandrina Tyas Utami (TI UI’19), Amara Putri Gunarso (TI UI’19), dan Salsabila Harris (TI UI’19) berhasil meraih juara 2 pada Festival of Agroindustry (FOA) IPB 2021 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri (HIMALOGIN) IPB dengan model bisnis yang berjudul “Upaya Perluasan Pasar Komoditi Agroindustri Indonesia dengan Bantuan Aplikasi E-commerce Ladangku”. FOA IPB merupakan lomba business model canvas nasional dengan tema “Peran Generasi Milenial dalam Optimalisasi Agroindustri untuk Pembagunan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi” yang diadakan dari tanggal 12 Agustus hingga 25 September 2021.

4. Juara 3 Digicomp Business Plan Competition Universitas Padjadjaran 2021

Jose Putra Tjiptarahardja (TI UI’21) berhasil meraih juara 3 pada kompetisi Digicomp Business Plan Competition 2021 yang diadakan oleh Universitas Padjajaran (Unpad). Kompetisi ini merupakan lomba business plan nasional yang bertemakan “Starting a Business during Pandemic” dan diadakan dari tanggal 21 Agustus hingga 26 September 2021.

5. Juara 1 Bachelor’s Journey in Management FEB UI

Dua mahasiswa TI UI yang tergabung dalam tim Jaran Goyeng, yakni Alivanza Firdaus Rhufyano (TI UI’20) dan Atsalabi Dimas Fadillah (TI UI’20) berhasil meraih juara 1 pada Bachelor’s Journey in Management yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia melalui inovasi PARAGONCORP: Saling Jaga untuk Indonesia. Kompetisi ini merupakan lomba business case nasional yang berhubungan dengan manajemen dan diadakan dari tanggal 17 Agustus hingga 29 September 2021.

6. Juara 1 Kategori Nonagrikultur Business Plan Competition National Agritech Festival and Exhibition 2021

Julius Tomris Sidauruk (TI UI’18), Karina Sarinastiti Mirza (TI UI’18), dan Nesia Dwiasta (TI UI’19) yang bergabung dalam Tim Yellow Slayers berhasil meraih juara 1 pada National Agritech Festival and Exhibition yang diadakan oleh Agritecno Business Center (ABC) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Kompetisi ini merupakan lomba business plan nasional dengan tema “Digital Strategy to Recover the Post-Pandemic Economy” yang diadakan dari tanggal 28 Agustus hingga 3 Oktober 2021.

7. Juara 2 dan 3 Compfest Business-IT Case Competition

Alivanza Firdaus Rhufyano (TI UI’20) yang tergabung dalam tim Outliers berhasil meraih juara 2 pada Business-IT Case Competition yang diadakan oleh Compfest Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Selain itu, Diva Tristika Mughni (TI UI’19), Fauzia Hafida Rahmah (TI UI’19), dan Pocut Shafira Putri Aurora (TI UI’19) berhasil meraih juara 3. Compfest Business-IT Case merupakan kompetisi nasional yang mengasah kemampuan analisis peserta dengan menyelesaikan business case dengan pendekatan teknologi informasi dengan tema Big Data yang diadakan dari tanggal 1 Agustus hingga 3 Oktober 2021.

8. Juara 3 Budi Luhur Business Case Competition 2021

Eudia Meithilda (TI UI’19), Aqila Zafira (TI UI’19), dan Salma Mardhiya (TI UI’19) yang tergabung dalam tim Arjuna berhasil meraih juara 3 pada Budi Luhur Business Case Competition yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Budi Luhur yang membahas “Strategi Optimasi Pengelolaan Sampah TPST Bantar Gebang”. Kompetisi ini merupakan lomba business case nasional dengan tema “Activating Millennials Potential for Developing Business In The New Normal Era” dan diadakan dari tanggal 22 Agustus hingga 6 Oktober 2021.

9. Juara 3 Lomba Esai Amco Youth Research Competition 2021

Andrea Devina (TI UI’20) berhasil meraih juara 3 pada Amco Youth Research Competition 2021 dengan judul karya “Pengaplikasian Customer Information System Perusahaan B2B sebagai Langkah Optimalisasi Digitalisasi Bisnis melalui Media Inkubator Usaha Mikro Kecil dan Menengah”. Kompetisi ini merupakan lomba  esai nasional yang diadakan oleh Amcolabora Institute dan bertemakan “Perspektif dan Kontribusi Generasi Muda dalam Menghadapi Disrupsi Pandemi Covid-19 sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030” dan diadakan dari tanggal 26 September hingga 13 Oktober 2021.

10. Juara 1 dan 2 Sebelas Maret Business Case Competition

Fariz Muhammad Putra Fajar (TI UI’19), Firda Hanna Ismia (TI UI’19), dan Rizki Akbar Sofyan (TI UI’19) yang tergabung dalam Tim Ascent berhasil meraih juara 1 pada Sebelas Maret Business Case Competition yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Sebelas Maret. Selain itu, Fahmi Wahyu Tri Nugroho (TI UI’18), Ahmad Dzikri (TI UI’18), dan Azmi Jundan Taqiy (TI UI’18) yang tergabung dalam tim Pelita Senja berhasil meraih juara 2 pada kompetisi yang sama. Kompetisi ini merupakan lomba business case nasional dengan tema “Business Adaptation using Technology in the New Normal Era” yang dilaksanakan dari tanggal 31 Agustus hingga 23 Oktober 2021.

11. Juara 1 dan Best Speaker BIST League 4.0

Saffira Annisa Bening (TI UI’18), Eloni Flowita (TI UI’18), Natasya Kamil (TI UI’18) yang tergabung dalam Tim Miaw Rangers berhasil meraih juara 1 pada BIST League 4.0 yang diadakan oleh Association of Information System and Technology Students Institut Teknologi Bandung. Selain itu, Saffira Annisa Bening (TI UI’18) berhasil meraih Best Speaker pada kompetisi yang sama. Kompetisi ini merupakan lomba business-IT case competition nasional dengan tema “Using Technology to Improve Business Resiliency” yang diadakan dari tanggal 7 Agustus hingga 24 Oktober 2021.

12. Juara 1 APL Innovation Competition

Pocut Shafira Putri Aurora (TI UI’19), Aulia Sena Adipraja (TI UI’18), dan Raisha Dinita (TI UI’18) yang tergabung dalam tim APL HIS berhasil meraih juara 1 pada APL Innovation Competition yang diadakan oleh PT Anugerah Pharmindo Lestari dengan judul karya “Solution for APL to Make Healthcare More Accesible by Using Hospital Information System”. Kompetisi ini merupakan lomba inovasi nasional yang diselenggarakan oleh APL yang mencakup pembuatan proposal dan video presentasi dengan tema “Making Healthcare More Accessible”. Kompetisi ini diselenggarakan dari tanggal 30 September hingga 27 Oktober 2021.

13. Juara 2 Kategori Mahasiswa Turnamen Sains Data Nasional 2021

Tim Le Minerale yang terdiri dari Henry Prayoga (TI UI’20), Rahma Salsabila (TI UI’20), Jalaludin Shofa Mufti (TI UI’20), dan Clarisha Hanandya Puspitadewi (TI UI’20) berhasil meraih juara 2 pada TSDN 2021 yang diadakan oleh Cybertrend Data Academy. Kompetisi ini merupakan kompetisi data science/datathon berskala nasional dengan tema “Menciptakan Peluang Bisnis disaat Pandemi dengan Data Analisis” yang diadakan dari tanggal 27 September hingga 28 Oktober 2021.

14. Juara 2 Grand Economix Business Case Competition

Eudia Meithilda (TI UI’19), Ahmad Fahreza (TI UI’19), dan Muhammad Ziyad Nafis (TI UI’19) yang tergabung dalam tim The Bananas berhasil meraih juara 2 pada Grand Economix Business Case Competition yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Kompetisi ini merupakan lomba business case nasional yang bertemakan “Integrating Competitiveness and Innovation through Business Development” dan diadakan dari tanggal 16 September hingga 31 Oktober 2021.

15. Juara 3 Indonesia Winner of Citi APAC Treasury and Trade Solutions (TTS) Case Competition

Ivonny Aqiila Filza Adinda (TI UI’19), Eudia Meithilda (TI UI’19), dan Muhammad Farrel Alonzo Hamid (TI UI’19) yang tergabung dalam Tim Cuan berhasil meraih juara 3 pada Citi APAC Treasury and Trade Solutions yang diadakan oleh Citibank dengan judul karya “Implementation of Citi’s TTS Product to Empower WeGet Ecosystem to Become a Leading Multi-Service Tech Problem”.. Kompetisi ini merupakan lomba case regional yang diadakan di berbagai negara, seperti Hong Kong, Singapura, China, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Vietnam, Taiwan, India, dan Thailand dan diadakan dari tanggal 23 Agustus 2021 hingga 12 November 2021.

16. Juara 1 Business Plan Competition (BPC) HMJ Kimia UM 2021

Sheny Pundarika (TI UI’19), Fakhrul Ikram Sulanta (TI UI’19), dan Johanna Silaban (TI UI’19) yang tergabung dalam Tim Jastra berhasil meraih juara 1 pada lomba Business Plan Competition (BPC) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Malang dengan judul karya “JASTRA-edu: Your Learning Assistant, Anytime, and Anywhere”. Kompetisi ini merupakan lomba business plan nasional yang bertemakan “Millennial Business Innovation with Digital Development in Pandemic Era” dan diadakan pada tanggal 25 Oktober hingga 18 November 2021.

17. Juara Harapan 2 National Business Case Competition Manajemen Expo 11

Betha Chiara Cateline (TI UI’20) dan Dena Devi Ramadhani (TI UI’19) yang tergabung dalam Tim Chaos berhasil meraih juara 3 pada NBCC Manajemen Expo 11 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga. Kompetisi ini merupakan lomba business case nasional yang bertema “Optimizing The Role of Digital Transformation for Businesses in Disruptive Era” dan diadakan dari tanggal 16 September hingga 21 November 2021.

Selamat dan semangat kepada seluruh mahasiswa TI UI yang telah mengharumkan nama TI UI di berbagai kancah kompetisi nasioanl dan internasional. Semoga seluruh prestasi ini menjadi pencetus prestasi-prestasi lain yang dapat mengharumkan nama Teknik Industri Universitas Indonesia.

 

Dokumentasi: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IMTI 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top